Implementasi
Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game
grafika
komputer sudah banyak digunakan sebagai materi pendukung dalam berbagai bidang
termasuk dalam pembuatan game. Implementasi grafika komputer yang diaplikasikan
pada program game dapat membantu untuk penggerak dan pembuatan gambar pada game
agar terlihat lebih menarik. Sedangkan pengolahan citra pada game di butuhkan
untuk memberi pewarnaan yang baik agar tidak merusak sensor mata pada manusia.
Jadi dalam
pembuatan game implementasi computer di gunakan untuk membuat gambar, penggerak
dalam game dan pengolahan citra berfungsi untuk pemberian warna pada
gambar-gambar tersebut, pemberian warna pun tidak bisa di lakukan dengan sembarangan
karena kita harus membuat bagaimana agar sensor mata menangkap warna dengan
baik pada game tersebut, apabila di lakukan dengan sembarangan dapat
menyebabkan kerusakna pada sensor mata.
Grafik
komputer sangat banyak digunakan oleh banyak orang, misalnya pembuatan film
animasi, pembuatan game, alat-alat medis dan lain sebagainya. Grafik komputer
juga tidak bisa berjalan dengan baik tanpa ada pengolahan citra. Karena
pemrosesan citra dengan menggunakan komputer akan menghasilkan citra yang
sangat baik.
Contoh
Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang
hiburan,misalkan
pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
2.Bidang
Pendidikan,grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3.Computer
Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.Video
Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
5.Computer-Aided
Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Contoh
pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang
kesehatan, digunakan
untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya
kelainan di tubuh.
2.Bidang
visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera
,google maps dll
3.Mikroskop
elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang
kedokteran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar