Kamis, 21 Juni 2012

Inten Beli 1700 Paten milik Interdigital senilai Rp 3,6 triliun

66b9dec67786dd4612a2769d90b7d4fafoto: soa.sys-con
Tahun lalu beredar kabar akan adanya 'segudang' paten terkait teknologi WiFi, 3G dan LTE yang diperebutkan melalui InterDigital. Kini, tampaknya Intel telah sepakat untuk membeli paten mereka secara tunai.

InterDigital, perusahaan pengembangan dan penelitian teknologi nirkabel (pemilik sejumlah besar paten yang berhubungan dengan teknologi nirkabel), seperti dilansir TheNextWeb (18/06) telah mengumumkan bahwa mereka akan menjual 1.700 paten mereka kepada Intel sebesar 375 juta USD (Rp 3,6T).

Secara spesifik, paten-paten tersebut terkait dengan 3G, LTE, dan teknologi 802.11. Menurut Intel, kesemua paten itu akan berguna bagi perusahaan untuk bisa terus mendorong ke pasar smartphone.

Lebih lanjut lagi, pembelian tersebut juga akan membantu memperkuat portofolio paten perusahaan. Doug Melamed, wakil presiden senior dan penasihat umum di Intel, menjelaskan bahwa penambahan paten ini bakal memperluas portofolio kekayaan intelektual Intel yang sudah besar, kuat dan beragam.

Proses transaksi dari pembelian paten-paten ini diperkirakan akan selesai pada kuartal ketiga 2012. Tampaknya, hal ini sebagai perisai sekaligus senjata bilamana ada perang paten di kemudian hari, seperti halnya yang terjadi antara Apple dan Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar