1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda?
2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :
a. Pengguna Teknologi Sistem Informasi
b. Pengelola Teknologi Sistem Informasi
c. Pembuat Teknologi Sistem Informasi
3. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam
Teknologi Sistem Informasi!
Jawaban :
1. Menurut pendapat saya Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi adalah perilaku atau kebiasaan kita dalam menggunakan teknologi yang memberikan informasi terutama berbasis komputer, dengan tingkat pengetahuan atau keahlian yang kita miliki.
2.
a) Untuk pengguna Teknologi Sistem Informasi (User), pengguna harus mengetahui etika baik sebagai pengguna, biasanya pengguna yang mempunyai etika yang baik akan menghargai hasil karya orang lain.
b) Untuk pengelola Teknologi Sistem Informasi (admin), biasanya pengelola juga harus mengetahui etika-etika sebagai pengelola, seperti mematuhi privacy dari pengelola laiinya, atau usernya.
c) Dan yang terakhir bagi pembuat Teknologi Sistem Informasi (Analyst / Programmer), biasanya pembuat akan mematuhi aturan sesama pembuat, yaitu masalah hak cipta. Pembuat yang baik tidak "plagiat" hasil karya orang, apabila mereka mengikuti pun, biasanya dapat zin dan akan menyantumkan pembuat pertamanya.
3. Contoh sederhana yang akan saya berikan adalah sebagai user.
Pada dasarnya user yang memiliki etika yang baik akan menghargai hasil karya orang lain, dan disini saya akan menceritakan contoh etika pada user terhhadap pembuat TSI.
" Suatu saat ada seseorang yang membuat suatu aplikasi hiburan berbasis web, yang dapat dibuka siapa saja dan memiliki kotak masukan / komentar, program tersebut memiliki kekurangan yaitu memiliki gambar yang kurang berwarna. alangkah baiknya kita memberi masukan dengan kata-kata yang baik dan bijak, bukannya menghinanya, memberi masukan/kritik tidaklah sama halnya dengan menghina, apabila ada user yang menghina dan pembuat tidak terima itu adalah wajar, tidak bisa user mengatakan pembuat tidak terima kritikan atau masukan, karena hinaan adalah bukan kritik, tapi sesuatu yang bersifat negatif
Jumat, 28 Maret 2014
Jumat, 03 Januari 2014
Open Service Gateway Initiative (OSGI)
Nama : Marsha Fitriani
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
The OSGi Alliance
(sebelumnya dikenal sebagai Open Services Gateway inisiatif, sekarang
nama kuno) adalah terbuka organisasi standar yang didirikan pada Maret 1999.
Aliansi dan anggota-anggotanya telah ditentukan yang Java berbasis
layanan platform yang dapat dikelola dari jarak jauhInti bagian dari
spesifikasi adalah sebuah kerangka kerja yang mendefinisikan suatu manajemen
siklus hidup aplikasi model, layanan registry, sebuah lingkungan Eksekusi dan
Modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGi layers, API,
dan Jasa telah ditetapkan.
OSGi teknologi adalah sistem modul dinamis untuk
Java ™
OSGi teknologi menyediakan layanan berorientasi,
komponen berbasis lingkungan untuk para pengembang dan menawarkan cara-cara
standar untuk mengelola siklus hidup perangkat lunak. Kemampuan ini sangat
meningkatkan nilai berbagai komputer dan perangkat yang menggunakan platform Java.
Pengadopsi
teknologi OSGi manfaat dari peningkatan waktu ke pasar dan mengurangi
biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan integrasi pra-dibangun
dan pra-komponen subsistem diuji. Teknologi ini juga mengurangi biaya
pemeliharaan dan kemajuan aftermarket baru peluang unik karena jaringan dapat
dimanfaatkan untuk secara dinamis mengupdate atau memberikan layanan dan
aplikasi di lapangan.
Spesifikasi:
OSGi spesifikasi yang dikembangkan oleh para
anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah
Lisensi Spesifikasi OSGi. OSGi Alliance yang memiliki kepatuhan
program yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar
bersertifikat OSGi implementasi berisi lima entri.
Arsitektur:
Setiap
kerangka yang menerapkan standar OSGi menyediakan suatu lingkungan untuk
modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah
erat-coupled, dynamically loadable kelas koleksi, botol, dan file-file
konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika
ada). Kerangka kerja konseptual yang dibagi dalam bidang-bidang berikut:
- Bundles
Bundles adalah normal jar komponen dengan nyata tambahan header - Services
Layanan yang menghubungkan lapisan bundel dalam cara yang dinamis dengan menawarkan menerbitkan-menemukan-model mengikat Jawa lama untuk menikmati objek (POJO). - Services
API untuk jasa manajemen (ServiceRegistration, ServiceTracker dan ServiceReference). - Life-Cycle
API untuk manajemen siklus hidup untuk (instal, start, stop, update, dan uninstall) bundel. - Modules
Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah bungkusan dapat mengimpor dan mengekspor kode). - Security
Layer yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel untuk pra-didefinisikan kemampuan. - Execution Environment
Mendefinisikan metode dan kelas apa yang tersedia dalam platform tertentuTidak ada daftar tetap eksekusi lingkungan, karena dapat berubah sebagai Java Community Process menciptakan versi baru dan edisi Jawa. Namun, set berikut saat ini didukung oleh sebagian besar OSGi implementasi:
• CDC-1.1/Foundation-1.1 CDC-1.1/Foundation-1.1
• OSGi/Minimum-1.0 OSGi/Minimum-1.0
• OSGi/Minimum-1.1 OSGi/Minimum-1.1
• JRE-1.1 JRE-1.1
• From J2SE-1.2 up to J2SE-1.6 Dari J2SE-1.2 hingga J2SE-1,6
• CDC-1.0/Foundation-1.0 CDC-1.0/Foundation-1.0
Sumber : http://uriflabamba.blogspot.com/2009/12/open-service-gateway-initiative-osgi.html
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia
Nama : Marsha Fitriani
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Kolaborasi
Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat
(maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana
cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General
Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.
Sedangkan
pengertian AMI-C adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia
produksi kendaraan. AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia
dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi.
a. Arsitektur
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Pengertian dari
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat
oleh pembuat untuk menciptakan standard umum yang digunakan untuk mengatur
bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan.
Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga
update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di
Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah
membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam
menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan
yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,”
Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk
bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk
memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama”.
Acton menekankan
bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC
dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen
otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk
mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
b. Fungsional
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) adalah mengembangkan dan
standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan
antarmuka jaringan komunikasi.
Tujuan utamanya
adalah untuk:
- Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya
keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif
efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan
sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas
hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar.
c. Struktural
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Kolaborasi Antar
muka Otomotif Multimedia adalah Sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat
(maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana
cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General
Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.
Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update
internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi
tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt,
Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah
membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam
menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan
yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,”
Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk
bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk
memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan
bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC
dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen
otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk
mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Middleware Telematika
Nama : Marsha Fitriani
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Middleware adalah pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, penghubung, serta untuk meningkatkan fungsi dari dua buah program atau aplikasi yang sekarang ada. Middleware merupakan suatu aplikasi yang ada diantara lapisan aplikasi dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer pada TCP/IP. Middleware juga bisa sebagai penghubung yang berisi kumpulan layanan yang bisa melakukan beberapa proses pada satu atau lebih mesin agar bisa berinteraksi pada suatu jaringan.
Layanan yang ada pada middleware yaitu mampu menyediakan kumpulan dari fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi lagi dari API yang sudah disediakan oleh sebuah sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada suatu jaringan dan dapat menyediakan interaksi antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya.
Adapun fungsi dari middleware adalah:
- Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi.
- Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
- Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
Database middleware merupakan salah satu jenis dari middleware disamping remote procedure call, object-oriented middleware, message-oriented middleware, dan transaction processing monitor. Pada umumnya ada tiga tingkatan integrasi sistem komputer yaitu integrasi jaringan, integrasi data, dan integrasi aplikasi. Database middleware termasuk ke dalam integrasi data, sedangkan pada midleware-middleware yang lain masuk ke dalam integrasi applikasi dan jaringan.
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Middleware adalah pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, penghubung, serta untuk meningkatkan fungsi dari dua buah program atau aplikasi yang sekarang ada. Middleware merupakan suatu aplikasi yang ada diantara lapisan aplikasi dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer pada TCP/IP. Middleware juga bisa sebagai penghubung yang berisi kumpulan layanan yang bisa melakukan beberapa proses pada satu atau lebih mesin agar bisa berinteraksi pada suatu jaringan.
Layanan yang ada pada middleware yaitu mampu menyediakan kumpulan dari fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi lagi dari API yang sudah disediakan oleh sebuah sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada suatu jaringan dan dapat menyediakan interaksi antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya.
Adapun fungsi dari middleware adalah:
- Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi.
- Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
- Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
Database middleware merupakan salah satu jenis dari middleware disamping remote procedure call, object-oriented middleware, message-oriented middleware, dan transaction processing monitor. Pada umumnya ada tiga tingkatan integrasi sistem komputer yaitu integrasi jaringan, integrasi data, dan integrasi aplikasi. Database middleware termasuk ke dalam integrasi data, sedangkan pada midleware-middleware yang lain masuk ke dalam integrasi applikasi dan jaringan.
Perkembangan
middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut:
- On Line Transaction Processing (OLTP), merupakan perkembangan awal dari koneksi antar remote database. Pertama kali ditemukan tahun 1969 oleh seorang engineer di Ford, kemudian diadopsi oleh IBM hingga kini dikenal sebagai proses OLTP. DIGITAL ACMS merupakan contoh lainnya yang sukses pada tahun 70-an dan 80-an. UNIX OLTP lainnya seperti: Encina, Tuxedo pada era 80-an, serta DIGITAL CICS untuk UNIX yang memperkenalkan konsep dowsizing ke pasar.
- Remote Procedure Call (RPC), menyediakan fasilitas jaringan secara transparan. Open Network Computing (ONC) merupakan prototipe pertama yang diperkenalkan awal tahun 70-an. Sun unggul dalam hal ini dengan mengeluarkan suatu standar untuk koneksi ke internet. Distributed Computing Environment (DCE) yang dikeluarkan oleh Open Systems Foundation (OSF) menyediakan fungsi-fungsi ONC yang cukup kompleks dan tidak mudah untuk sis administrasinya.
Common Object
Request Broker Architecture (CORBA), merupakan object-oriented middleware yang
menggabungkan fungsi RPC, brokering, dan inheritance. DIGITAL ObjectBroker
merupakan salah satu contohnya.
Database
middleware adalah salah
satu jenis middleware disamping message-oriented middleware, object-oriented
middleware, remote procedure call, dan transaction processing
monitor. Pada prinsipnya, ada tiga tingkatan integrasi sistem komputer
yaitu integrasi jaringan, integrasi data, dan integrasi applikasi. Database
middleware menjawab tantangan integrasi data, sedangkan midleware-middleware
yang lain menjawab tantangan integrasi applikasi dan jaringan.
Messaging Middleware :
- Menyimpan data dalam suatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau overloaded
- Mungkin berisi business logic yang merutekan message ke ujuan sebenarnya dan memformat ulang data lebih tepat
- Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middleware digunakan untuk mengirim data antar aplikasi
Sumber :
Selasa, 05 November 2013
Layanan Telematika
Nama : Marsha Fitriani
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Telematika memiliki beberapa layanan seperti:
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235
Telematika memiliki beberapa layanan seperti:
1. Layanan Informasi
Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi.
Pada layanan informasi ini, bisa kita lihat penerapannya pada kendaraan
bergerak seperti mobil, dimana pada layanan ini telematika menggabungkan sistem
komunikasi dengan kendaraan untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya Navigation assistant (real time traffic information).
2. Layanan Keamanan
Layanan kedua yaitu layanan keamanan, layanan ini
menyediakan fasilitas untuk memberikan informasi atau memantau bila ada sesuatu
yang berjalan tidak seharusnya, layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian
dan kejahatan. Contohnya yaitu Emergency Rescue with 911, Car location tracing
(thief proof).
3. Layanan Context-Aware dan Event-Base
Layanan Context Aware dan Event-Based
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai
konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan
terminal yang digunakan user.Contohnya , Vehicle Diagnostic Service, Car
Insurance based on driving statistic.
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber sering disebut juga dengan
Resource Discovery Service, adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi
layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Contohnya yaitu Yellow
Pages Service.
TEKNOLOGI YANG TERKAIT ANTAR MUKA TELEMATIKA
Interface telematika adalah atribut sensor dari
pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang berhubungan
dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6 teknologi yang terkait dengan
interface telematika, yaitu:
1. Head up display sistem
Head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap
tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk
melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. HUD digunakan pada pesawat
komersial dan juga mobil.
2. Tangible user interface
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antar
muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui
lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan
langsung mewakili kualitas sistem tersebut.
3. Computer vision
Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang
melihat, di mana mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan
untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer
berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari
gambar.
4. Browsing audio data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing
jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh
sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (local area network)
untuk mendeteksi IP kamera.
5. Speech recognition
Speech Recognition adalah proses identifikasi suara
berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan konversi sebuah sinyal
akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input suara). Speech
Recognition juga merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali perintah kata
dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang
dimengerti oleh komputer.
6. Speech Synthesis
Speech synthesis adalah transformasi dari teks ke
arah suara (speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech
synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan
dengan aturan – aturan pengucapan bahasa.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
http://habib1010.wordpress.com/2012/11/06/layanan-telematika/
Rabu, 09 Oktober 2013
Definisi Telematika, perkembangan dan tren saat ini
A. DEFINISI TELEMATIKA
Kata TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam
bahasa Perancis "TELEMATIQUE" yang merujuk pada bertemunya sistem
jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah Teknologi Informasi itu
sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah
informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari
"TELECOMMUNICATION and INFORMATICS" sebagai wujud dari perpaduan
konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai
"the new hybrid technology" yang lahir karena perkembangan teknologi
digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan
informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah
"konvergensi". Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari
isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.
Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau "the Net". Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau "the Net". Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
Seiring dengan semakin populernya Inter-Net sebagai "the network of the networks", masyarakat penggunanya (internet global community) seakan-akan mendapati suatu dunia baru yang dinamakan cyberspace - sebagaimana dipopulerkan oleh William Gibson dalam novel sci-fi-nya Neuromancer - yang merupakan khayalan tentang adanya alam lain pada saat teknologi telekomunikasi dan informatika bertemu. Di "alam baru" ini - bagi kebanyakan netter - tidak ada hukum. Karena tidak adanya kedaulatan dalam jaringan komputer maha besar (gigantic network) ini, mereka beranggapan bahwa tidak ada satupun hukum suatu negara yang berlaku, karena hukum network tumbuh dari kalangan mayarakat global penggunanya. "Alam baru" ini seakan-akan menjadi suatu jawaban dari impian untuk melampiaskan kebebasan berkomunikasi (free flow of information) dan kebebasan mengemukakan pendapat (freedom of speech) tanpa mengindahkan lagi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
Lingkup pengkajian Hukum Telematika terfokus pada aspek-aspek hukum yang terkait dengan sistem informasi dan sistem komunikasi, khususnya yang diselenggarakan dengan sistem elektronik, dengan tetap memperhatikan esensi dari:
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan
Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam
bidang, sebagai contoh adalah:
- Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
- Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
- Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
B.
PERKEMBANGAN TELEMATIKA
Awal Mula Lahirnya Telematika
Telematika, pada awalnya dikembangkan disisi
internet. Ketika computer tersebar luas kebutuhan akan suatu cara mudah untuk
menukar data tumbuh berkembang. Ini adalah ketika teknologi telekomunikasi
telah digunkan untuk menghubungkan antar computer dan kemudian telematika
dilahirkan. Telematika adalah jawaban dari keprihatinan yang terjadi pada tahun
1976 di Prancis, ketika itu perkembangan aplikasi computer telah merubah
organisasi ekonomi dan social masyarakat.
Perkembangan Telematika Saat ini
Saat ini banyak bidang yang memanfaatkan
telematika, seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data
yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon,
saluran televise, radio, media lainnya, dan bahkan system pelacakan navigasi
secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS (Global Positioning System).
Dalam penerapannya, Telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan
penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan
pengaruh pengendalian/control pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang
navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman
data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan
diteruskan ke pelanggan. Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di
device telekomunikasi seperti handphome, pda, dan smartphone.
Teknologi Telematika Bidang
Telekomunikasi antara lain :
Pager
Alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan
dan menerima pesan pendek. Radio panggil numeric satu arah hanya dapat menerima
pesan yang terdiri dari beberapa digit saja.
Handphone
Salah satu contoh dari teknologi telematika
dibidang komunikasi. Karena merupakan suatu saran berkomunikasi dengan
menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu
informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.
Smartphone
Merupakan telepon selular yang mempunyai kemampuan
tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai computer. System
operasi yang digunakan adalah android, dan android itu sendiri adalah system operasi
untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang menyediakan platform terbuka
bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan
oleh bermacam peranti bergerak.
Teknologi Telematika Bidang
Transportasi
Salah satu produk transportasi yang menerapkan
layan telematika adalah Toyota. Karena menyadari semakin tingginya mobilitas
masyarakat , terutama di wilayah perkotaan , membuthkan layanan penunjang yang
mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu singkat. Toyota
melihat peluang ini dengan mengembangkan disalah satu produksinya yang memiliki
layanan navigasi yang menyediakan informasi dan peta lengkap lokasi-lokasi
penting mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer.
Teknologi Telematika di Pemerintahan
E-government dihadirkan dengan maksud untuk
administrasi pemerintahan secara electronic. Di Indonesia ini, sudah ada suatu
badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika
Indonesia (TKTI), TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan
mempelopori program aksi dan inisiatif untuk meningkatkan perkembangan dan
pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan
memantau pelaksanaannya.
C.
TREN KEDEPAN TELEMATIKA
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat
komputasi berskala terabyte, penggunaan memory dengan multi slot serta
peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan denagn
harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan
akses wireless dan wireline dengan akses bandwitch yang mencapai terabyte juga.
Hal ini berakibat menumbuhkan factor baru dari perkembanganteknologi. Antarmuka
pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop Ubuntu,
GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik
dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini
ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang
dibutuhkan oleh penggunanya.
Pada akhirnya, era robotic akan segera
bermunculan . Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang
mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industry keil dan menengah, termasuk di
tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga
aka nada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.
REFERENSI :
http://virtuallight2.blogspot.com/2012/11/pengertian-telematika.html
http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/definisi-perkembangan-dan-trend-kedepan.html
REFERENSI :
http://virtuallight2.blogspot.com/2012/11/pengertian-telematika.html
http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/definisi-perkembangan-dan-trend-kedepan.html
Langganan:
Postingan (Atom)