Selasa, 05 November 2013

Layanan Telematika

Nama : Marsha Fitriani
Kelas : 4KA09
NPM : 14110235 

Telematika memiliki beberapa layanan seperti:
1. Layanan Informasi
Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan informasi ini, bisa kita lihat penerapannya pada kendaraan bergerak seperti mobil, dimana pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan untuk menawarkan layanan informasi secara langsung. Contohnya Navigation assistant (real time traffic information).
2. Layanan Keamanan
Layanan kedua yaitu layanan keamanan, layanan ini menyediakan fasilitas untuk memberikan informasi atau memantau bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya, layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Contohnya yaitu Emergency Rescue with 911, Car location tracing (thief proof).
3. Layanan Context-Aware dan Event-Base
Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.Contohnya , Vehicle Diagnostic Service, Car Insurance based on driving statistic.

4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber sering disebut juga dengan Resource Discovery Service, adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Contohnya yaitu Yellow Pages Service.
TEKNOLOGI YANG TERKAIT ANTAR MUKA TELEMATIKA
Interface telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6 teknologi yang terkait dengan interface telematika, yaitu:
1. Head up display sistem
Head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. HUD digunakan pada pesawat komersial dan juga mobil.


2. Tangible user interface
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.
3. Computer vision
Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.
4. Browsing audio data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera.

5. Speech recognition
Speech Recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input suara). Speech Recognition juga merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer.
6. Speech Synthesis

Speech synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara (speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan – aturan pengucapan bahasa.





Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
http://habib1010.wordpress.com/2012/11/06/layanan-telematika/